Dasar Seduhan: Improvisasi Part.1

“Suhunya udah turun banget ni. Masak ulang dulu”. Apakah anda salah satunya?

Ketika berbicara brewing sebenernya banyak faktor yang bisa dimainkan. Suhu dan durasi seduh adalah dua faktor dan biasanya menjadi masalah. Sebagai contoh sering kita temui kejadian suhu air di kettle terlanjur turun dari target seduh optimal.

Ketika mengalami suhu yang terlanjur turun, apa yang akan anda lakukan? Tetap lanjut seduh, atau kembali memanaskan airnya kembali? Kami akan menyarankan untuk tetap lanjut seduh dengan konsekuensi anda harus berimprovisasi, karena akan menghabiskan banyak waktu untuk memanaskan ulang. Jika anda menyeduh buat anda sendiri tentu tidak masalah, tapi akan menjadi masalah ketika anda sedang bekerja.

Untuk suhu yang terlanjur turun, saran kami adalah memperlama durasi seduh. Misal, awalnya 2menit, menjadi 2,5 menit atau 3 menit. Tergantung seberapa jauh turunnya suhu. Hal ini untuk menghindari hasil yang underextract. Anda pasti tidak mau kopi anda berasa rumput atau bahkan asin. Suhu tinggi akan mempercepat ekstraksi, sedangkan suhu rendah akan memperlama ekstraks. Untuk durasi seduh, ini akan mempengaruhi jumlah ekstraksi; cukup, kurang, atau lebih. Kalau anda perhatikan, suhu dan durasi sangat berkaitan erat.

Jadi, rumus singkatnya adalah: SUHU/DURASI = OUTPUT. Dengan kondisi, kita tidak sedang membicarakan faktor-faktor lain, seperti profil roasting.

DEPENDENT VARIABLE

Tidak ada ukuran yang pasti karna memang selain suhu dan durasi, masih banyak faktor-faktor lain yang menentukan. Kita akan membahasnya di bagian selanjutnya ya. Selamat mencoba, Kapten!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s